Jumat, 11 Mei 2012

Topologi Jaringan

Network merupakan jaringan dari sistem komunikasi data yag melibatkan satu atau lebih node (sumber-sumber daya) yang kemudian dihubungkan dengan link (jalur transmisi) dan akan membentuk suatu sistem. istilah node menunjukkan sumber daya seperti : terminal komputer, printer dll. sedangkan istilah link menunjukkan media penghubungnya, seperti : kabel, microware atau satelit.
bentuk dari jaringan (network) disebut dengan topologi, topologi bentuk jaringan ini menghubungkan beberapa node dengan meggunakan link. adapun jenis-jenis topologi yang terkenal yaitu :

1. Star Network, topologi ini menghubungkan suatu node pusat yang membentuk jaringan seperti bentuk bintang. semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Central node biasanya berupa komputer besar yang dihubungkan dengan node lainnya berupa komputer mini/mikro melalui link.

2. Bus Network, topologi ini menghubungkan beberapa node dalam jalur data (bus). masing-masing node dapat melakukan tugas-tugas operasi yang berbeda-beda. dalam topologi ini semua node mempunyai fungsi yang sama (tidak ada central node).

3. Loop Network, merupakan hubungan antar-node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Dalam bentuk ini tidak ada central node atau host node. Bila salah satu node rusak, maka akan mempengaruhi node yang lainya


4. Ring Network, merupakan gabungan bentuk loop network dan bus network. jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lain karena terpisah dari jalur data.

5. Hierarchical Tree Network, dipahami dari namanya topologi ini berbentuk seperi pohon yang bercabang, yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node yang lain secara berjenjang. central node biasanya komputer besar yang merupakan jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan mengendalikan node jenjang di bawahya yang berupa mini komputer / mikro komputer.

6. Web Network / Mesh Network / Plex Network / Completely Connected Network, merupakan bentuk network yang masing-masing node dalam network dapat berhubungan dengan node yang lainnya melalui beberapa link. Web Network dapat digunakan apabila kita menginginkan dalam suatu topologi, semua nodenya dapat berhubungan satu dengan yang lainnya.


7. Meta Network atau Hybrid Network, merupakan network dari suatu network. dapat juga dukatakan sebagai gabungan dari beberapa network.


jenis-jenis topologi diatas saya baca dari buku Sistem Teknologi Informasi, karya "JOGIYANTO HM, MBA, Akt., Ph. D." beliau merupakan dosen tetap FE UGM Yogyakarta.

saya rasa hanya itu yang bisa saya sampaikan kepada saudara/i. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi saudara/i sekalian.
terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar