Minggu, 27 Mei 2012

Kemudahan dalam Berbisnis (dengan Komputasi Awan)

Pada kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai wujud dari perkembangan teknologi kaitannya dengan dunia bisnis, mari kita mulai :
Saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, telah merubah strategi dalam berbisnis, dalam dunia bisnis Teknologi Informatika dituntut agar bisa memberikan efisiensi sehingga bisa menguntungkan perusahaan. Bagaimanakah jalan keluar agar TI mampu menghadapi dan memenuhi tuntutan tersebut?
salah satu jawabannya adalah komputasi awan (cloud computing), apakah sebenarnya yang dimaksud dengan "cloud computing"?

Cloud Computing atau "Komputasi Awan" merupakan salah satu kemajuan teknologi informatika yang menggabungkan penggunaan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Seperti yang kita ketahui internet bisa memberikan banyak informasi yang kita butuhkan, begitu pula dengan cloud computing yang menawarkan semua jenis layanan yang kita butuhkan sebagimana layanan yang diberikan oleh komputer pada umumnya. Layanan yang diberikan di bagi dalam 3 kategori yaitu :
1. IaaS (Infrastructure as a Service) merupakan proses migrasi server-server kita dari on-premise kedata center millik penyedia IaaS. Penyedia layanan hanya menyediakan sumber daya komputasi seperti prosesor, memori, dan storage yang sudah tervirtualisasi, sedangkan pemilihan OS, aplikasi, maupun konfigurasi lainnya sepenuhnya berada pada kendali kita.
2. PaaS (Platform as a Service) : kita membuat sendiri aplikasi software yang kita inginkan, termasuk skema database yang diperlukan. Skema itu kemudian kita pasang (deploy) di server-server milik penyedia jasa PaaS. Penyedia jasa PaaS sendiri menyediakan layanan berupa platform, mulai dari mengatur server-server mereka secara virtualisasi sehingga sudah menjadi cluster sampai menyediakan sistem operasi di atasnya. Alhasil, kita sebagai pengguna hanya perlu memasang aplikasi yang kita buat di atasnya.
3. SaaS (Software as a Service) merupakan semua layanan ini, dimana suatu aplikasi software tersedia dan bisa langsung dipakai oleh seorang pengguna, termasuk ke dalam kategori Software as a Services (SaaS). Secara sederhana, kita langsung mengkonsumsi layanan aplikasi yang ditawarkan.

Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.

-keuntungan cloud computing dalam dunia bisnis yaitu : lebih efisien, sistem operasional dan manajemennya lebih mudah, lebih up to date, biayanya menjadi ringan. Sedangkan

-kekurangannya yaitu : membutuhkan koneksi internet, keamanannya kurang terjamin, apabila koneksi lambat maka kinerja komputerpun ikut menjadi lambat.

Jadi kesimpulannya : Cloud computing sudah hadir saat ini, termasuk di Indonesia. Jadi, cloud computing bukanlah sebuah hype, melainkan sudah menjadi kenyataan dalam dunia TI. Bukan berarti kita semua langsung harus berpindah saat ini juga, apabila hendak menggunakan cloud computing carilah penyedia layanan (server) yang dapat memberikan saran yang tepat dan terbaik bagi kebutuhan anda.

demikian pembahasan sederhana mengenai kemudahan dalam berbisnis, sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar